TUBAN

Image and video hosting by TinyPic

Tuban adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terletak dipesisir utara Pulau Jawa. Menurut keterangan dari Mbok Dah (narasumber), nama Tuban berasal dari kata Watu T­­iban yang artinya batu yang jatuh dari langit, yaitu batu pusaka yang dibawa oleh sepasang burung elang sakti dari Majapahit. Mbok Dah menceritakan bahwa ketika dalam perjalanan menuju Demak, burung sakti yang membawa batu pusaka itu bertempur dengan burung rajawali yang hendak merebut batu pusaka, sehingga batu pusaka yang dibawa oleh sepasang burung elang sakti terjatuh diatas sebuah daerah, sehingga tanahnya berubah menjadi merah seperti darah. Sejak saat itu orang-orang majapahit menyebut daerah yang bertanah merah itu dengan sebutan Tuban.

Tuban memilki luas kira-kira 1.904,70 km² dengan panjang pantai mencapai 65 km. Secara geografis letak kota tuban sangat strategis, karena terletak dipesisir utara pulau Jawa. Dimasa lampau tuban adalah sebuah kota pel­­abuhan,  Alu­­n-alun dan bangunan-bangunan di­se­­kitarnya menunjukan perjalanan sej­arah d­­­­ari­­­ kota tuban di masa lampau. Sebagai sebuah kota pelabuhan kuno di pesisir Utara Jawa, Tu­­­ban pernah mengalami pasang surut. Pada abad ke 15, kota ini pernah menjadi salah satu pelabuhan penting kerajaan Majapahit. Tapi pada abad­­ ke 17, kotanya mengalami keter­purukan akibat pelabuhannya yang mengalami pen­dangkalan serta invasi kerajaan Mataram. Sekarang tuban mulai bangkit dan berbernah diri dalam berbagai sektor antara lain: Pendidikan, Pembangunan, Sosial Budaya, dan Industri dengan sem­boyan “Tuban Akbar” .

Tuban adalah kota yang indah dan kaya akan sumber mineral. Banyak sekali tempat wisata antara lain : Goa akbar, Gua ngerong, Pemadian bekti harjo, Prataan, Nglirip, Kuil kwan Sing Bio, Musium Kambang Putih dan Watu Ondo, sedangkan untuk industri misalnya: Semen Tuban, TPPI, dan Pertamina. Kota tuban sudah sangat teratur,jalan utama kota Tuban di pusatkan di jalan Basuki Rahmat, karena untuk mengindari kepadatan kendaraan yang masuk dan keluar dari pusat kota di jalan pantai utara dan di jalan Wahidin S Husodo.

Dengan posisi yang stategis, kekayaan yang melimpah, dan keindahan alam yang luar biasa, Tuban dari zaman majapahit sampai sekarang tetap menunjukan eksistensinya sebagai salah satu kabupaten yang dapat di andalkan di Jawa Timur. Dan dengan semangat Tuban Ak­­bar, kita bersama-sama akan membangun Tuban menjadi lebih baik dimasa yang akan da­tang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: