PERSAHABATAN

Bismillahirrokhmaanirrohim,..

Image and video hosting by TinyPic

Saudaraku, tentu kalian semua meiliki sahabat, tetapi tidak semua yang menpunyai sahabat memahami benar apa yang dinamai sahabat. Sahabat memang dari segi bahasa adalah teman, tetapi bukan semua teman dinamai sahabat. Sahabat adalah anda dalam sosok yang lain, yang lain itu adalah anda sendiri, walaupun sosoknya berbeda.

Itu sebabnya orang berkata, “annil mar’i illa tashal washal al khorimi”, jika anda ingin mengenal seseorang, anda tidak perlu bertanya siapa dia, tetapi tak bertanyalah siapa sahabatnya.

Saudarku, kita membutuhkan sahabat, bukan saja sewaktu kita susah, walaupun sahabat itu diukur dari ketulusanya, kejujuranya pada saat kesusahan. Sekali lagi kita memerlukan sahabat bukan hanya waktu kita susah tetepi juga waktu kita bergembira, karena tidak ada gunanya kegembiraan jika hanya kita sendiri yang meinkmatinya, semakin banyak yang terlibat dalam kebahagiaan, semakin besar rasanya kebahagiaan itu, dan semakin banyak yang terlibat dalam kesedihan maka semakin kecil kesedihan itu dipikul.

Saudaraku, Kita adalah makhluk sisial, kita membutuhkan sahabat, sikian banyak tuntunan dalam konteks persahabatan yang diberikan oleh agama atau budaya kita, misalnya jika anda ingin mencari sahabat, jangan mencari sahabat yang seperti tukang las, jika anda menemaninya kalau bukan baju anda yang terbakar oleh apinya, paling tidak anda mendapatkan aroma yang tidak sedap. Carilah sahabat yang bagaikan menjual parfum, kalau anda tidak mendapatkan parfumnya, maka paling tidak aroma harum anda dapatkan.

Fakta lain mengenai sahabat, “Sahabat lebih kita cintai dari saudara, karena saudara baru kita cintai kalau dia menjadi sahabat kita, kalau tidak menjadi sahabat pasti tidak akan kita cintai.

Saudaraku orang berkata tidak sempit lubang jarum bagi dua orang yang bersahabat, dan tidak luas dunia ini bagi dua orang yang berseteru, karena itu pesan mereka kalau anda diajak untuk bepergian tanyalah terlebih dahulu, siapa yang berserta anda, nanti setelah itu baru bertanya kemana akan pergi. Karena jika anda enggan pergi, tetapi jika yang bersama anda adalah sahabat anda, anda akan pergi, dan jika anda tidak akan pergi, namun dia adalah sahabat anda, andapun pergi, dan sebaliknya tidak demikian.

Saudaraku ada tanda-tanda bagi seorang sahabat, yang pertama: sahabat adalah yang paling sedikit basa-basinya terhadap anda. Orang yang menyampaikan kepada anda kelemahan anda, orang yang melurusakan kekeliruan anda, itu tanda pertama orang yang wajar diangkat untuk jadi sahabat. Yang ke-dua: sahabat anda adalah yang bergembira pada saat anda gembira, dan bersedih pada saat anda bersedih, bukankan sahabat itu adalah sosok yang lain, padahal sosok itu adalah diri anda sendiri. Yang ke tiga: yang tidak meremehkan hak anda, jangan menganggap bahwa karena dia sahabat dapat diremehkan haknya? Tidak. Sahabat tidak meremehkan hak sahabatnya. Kalau tiga sifat ini telah terpenuhi pada diri seseorang, maka dialah yang wajar menjadi sahabat anda.

Ada peringatan agama seputar persahabatan, dikatakan bahwa dihari kemudian nanti, semua persahabatan putus kecuali yang dijalin dengan ketaqwaan, Al akhilla’u yauma idzin ba’duhum biba’dihim aduw illal muttaqin” sahabat-sahabat kental, dihari kemudian nanti akan menjadi musuh-musuh, saling memusuhi kecuali yang bertaqwa.

Sekian banyak nanti dihari kemudian yang akan berucap, “aduhai, seandainya dulu aku mengangkat si A menjadi sahabat, dan tidak mengangkat si B menjadi sahabat. Demikian peringatan yang agama berikan, semoga kita menjadi sahabat yang dijalin oleh ketaqwaan..

Walloh wa’lam bishowab.

by: Prof. Quraish Shihab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: