Cara Sederhana Memahami kinerja PWM

Pulse Wide Mudulation adalah teknik modulasi sinyal yang menggunakan lebar pulsa. Dengan kata lain pada teknik modulasi ini, sinyal asli yang dibawa ditumpangkan ke sinyal pembawa karier, melaui lebar pulsa tersebutlah signal tersebut dikirimkan.

Secara sederhana PWM ini ibarat sebuah Komparator, yang memiliki dua buah sumber sebagai referensi yaitu VDD dan VSS. Sinal input diberikan di kaki positif dan di kaki negative diberikan signal segitiga sebagai pembanding. Ketika amplitude signal input lebih besar dari pada signal segitiga, maka output yang dihasilkan adalah high (+VDD), dan sebaliknya ketika signal input lebih kecil dibandingkan signal segitiga maka output yang dihasilkan adalah low (-VSS). Sehingga kalau kita amati input PWM adalah signal kotak, sebenarnya itu adalah hasil komparasi dari signal input dengan signal segitiga(referen ce signal). Perhatikan Gambar berikut ini.

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Gambar 1. Pulse Wide Modulation Seperti Sebuah Komparator

Pada Gambar 1, signal input berupa signal sinus diberikan di bagian positive(+), dan signal reference (segitiga) diberikan pada bagian negative(-). kemudian dengan membandingan antara kedua signal tersebut, akan diperoleh sinyal keluaran berupa singal kotak.

Pada saat kita menaikkan level amplitude signal input, pada PWM out tidak akan terjadi perubahan amplitude, tetapi hanya terjadi peruhanan kerapatan dari pulsa tersebut. Peruban kerapatan high dan low ini identik dengan duty cycle, yaitu perbandingan antara ton dengan total waktu yang diperlukan untuk 1 kali on dan 1 kali off.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: